Jumat, 07 Agustus 2015

Kulon Progo: The Jewel of Java

http://kanaljogja.com/

Kulon Progo.....mungkin masih belum banyak orang yang tahu mengenai Daerah ini. Memang betul, namanya masih kalah tenar dibandingkan dengan Daerah lain di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yaitu Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul. Kulon Progo merupakan Kabupaten yang masih tertinggal pembangunannya jika dibandingkan dengan Daerah lain di Provinsi DIY. Sesuai  data statistik, Kulon Progo adalah Daerah dengan perekonomian terendah dan memiliki tingkat kemiskinan tertinggi di Provinsi DIY. Meskipun demikian, banyak potensi yang dapat digali di Kulon Progo.

Peta Kabupaten Kulon Progo

Kebetulan Kulon Progo adalah kampung saya. Meskipun saya lahir dan besar di Jakarta, kedua orang tua saya berasal dari Kulon Progo. Kulon Progo sebenarnya memiliki posisi yang strategis, karena merupakan pintu masuk bagian barat untuk menuju ke Provinsi DIY. Berbeda dengan Daerah lain di Provinsi DIY, Kulon Progo memiliki bentang alam yang cukup lengkap, mulai dari dataran tinggi (Perbukitan Menoreh) hingga pesisir. Selain itu, masyarakat Kulon Progo memiliki kebudayaan yang masih dijaga hingga kini.

Dengan potensi alam dan budaya yang ada, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo berupaya mengoptimalkannya untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satu sektor yang dikembangkan adalah pariwisata. Sebagai branding, diciptakannya slogan yang berbunyi "Kulon Progo: The Jewel of Java". Visi dari slogan ini ialah untuk menjadikan Kabupaten Kulon Progo sebagai permata dari Pulau Jawa dengan segala potensi yang dimilikinya. Kali ini, saya akan menyajikan beberapa potensi wisata yang ada di Kulon Progo, silahkan menikmati.....

1.Pantai Glagah





Pantai Glagah merupakan salah satu tempat wisata utama di Kulon Progo. Pantai ini telah menjadi salah satu pemasukan terbesar Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dari sektor pariwisata. Tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah per orang. Jika anda membawa kendaraan, maka akan ada biaya tambahan. 

Keindahan Pantai ini mungkin tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Anda dapat melihat Laguna dengan air berwarna biru muda dan pantai dengan beton pemecah ombaknya. Saya rasa, beton pemecah ombak ini cukup unik dan belum ada di tempat lain di Indonesia.

2. Waduk Sermo
Waduk ini dibangun pada tahun 1975. Waduk Sermo sempat menjadi Waduk dengan pengelolaan terbaik di Indonesia pada tahun 2011. Waduk ini terletak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Kulon Progo di Wates. Anda tinggal berkendara ke arah barat. Selain berfungsi menyediakan air bersih bagi warga, Waduk ini juga menyajikan panorama yang indah. Tarif masuk sebesar 3 ribu rupiah.




3. Kalibiru
Obyek wisata ini terletak tidak jauh dari Waduk Sermo. Ada plang penunjuk jalan sehingga tidak perlu bingung mencari rute. Obyek wisata ini terletak di perbukitan. Anda dapat menikmati pemandangan Waduk Sermo dari atas bukit. Oiya, sejak 2014, Kalibiru sudah menjadi spot wisata yang booming. Foto-fotonya menghiasi beragam media sosial.




4. Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo merupakan titik tertinggi di Kulon Progo dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Tempat ini terletak di Kecamatan Samigaluh, hampir berbatasan dengan Kabupaten Magelang,Provinsi Jawa Tengah. Jalur menuju ke Puncak Suroloyo cukup menanjak. Diharapkan kendaraan Anda memiliki kapasitas prima untuk mencapainya. 




5. Sendang Sono
Tempat ini merupakan tempat ziarah bagi pemeluk agama Katolik. Letaknya berada di Kecamatan Kalibawang. Tempat ini juga cukup cocok untuk yang hobi fotografi, karena arsitektur bangunan yang mirip-mirip gaya Eropa. Karena arsitekturnya, Sendang Sono dianugerahi penghargaan arsitektur terbaik dari Ikatan Arsitek Indonesia, untuk kategori kelompok bangunan khusus tahun 1991.



6. Gua Maria Lawangsih
Selain Sendang Sono, ada tempat lain yang dapat dijadikan tempat ziarah bagi pemeluk agama Katolik, yaitu Gua Maria Lawangsih. Gua ini terletak di Kecamatan Girimulyo dan hampir berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Di tempat ini terdapat sumber mata air suci yang konon dipercaya masyarakat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit.



7. Air Terjun Seribu (Grujugan Sewu)
Curug ini terletak di sekitar permukiman penduduk. Tempat ini baru saja dibuka untuk wisatawan dan dikelola oleh penduduk sekitar. Terletak di Kecamatan Girimulyo. Tempat ini berada di perbukitan, sehingga jangan kaget apabila Anda harus melalui tanjakan-tanajakan jahat untuk dapat mencapainya.


8. Gua Kiskendo
Gua ini terletak di Kecamatan Girimulyo, tidak begitu jauh dari Curug Sewu. Menurut sejarah, pernah terjadi pertempuran antara Subali dari Kayangan melawan makhluk raksasa, yaitu Lembu Sura dan Mahesa Sura di Gua ini. Di area ini, juga sering diadakan pentas kesenian rakyat.



9. Jatilan
Jatilan merupakan sebuah tarian yang merupakan kebudayaan masyarakat Kulon Progo. Tari ini memiliki nuansa mistis, karena para penarinya kerap dirasuki oleh roh-roh hewam. Namun hal itu lah yang membuat masyarakat tertarik menyaksikan atraksi ini.






Kulon Progo juga memiliki keindahan alam lain seperti ini:

Sungai Progo

Persawahan di Perbukitan Menoreh




Untuk mengunjungi tempat menarik di Kulon Progo, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Angkutan umum masih kurang memadai jumlahnya. Kulon Progo memiliki potensi yang luar biasa. Saya yakin, apabila dikelola secara baik dan berkelanjutan, maka obyek-obyek wisata ini dapat mengimbangi ketenaran Kota Yogyakarta atau Candi Brobudur. Sekian ulasan saya mengenai Kulon Progo. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar